close

√ Teladan Narrative Text Legend Terkenal Di Indonesia

Daftar Isi [Tutup]

    EnglishCoo – Contoh Narrative Text Legend alias 5 Legenda Populer di Indonesia. Terjadinya Danau Toba, Batu Menangis, Tangkuban Perahu, Candi Prambanan dan Legenda Selat Bali. Contoh narrative text mana sudah pernah kau baca atau dengar ceritanya? Atau kau punya teks naratif dari wilayah tempat tinggalmu?


    Yeay, senang banget kita bakal ngobrolin perihal pola narrative text legend alias legenda di Indonesia. Kalau sebelumnya kita bahas perihal dongeng rakyat dari banyak sekali negara di dunia, nah kini saatnya nengok ke nusantara. Indonesia kaya akan dongeng rakyat serta legenda.


    Tentu banyak di antara kau tahu beberapa legenda terkenal di Indonesia menyerupai terjadinya Danau Toba. Legend sering kali dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia. Bagaimana dengan bahasa Inggris?


    Buku bahasa Inggris biasanya ada pola narrative text dongeng dari luar negeri menyerupai Cinderela, Rapunsel, Hare and Tortoise, dan lain sebagainya. Jarang banget ada buku pelajaran bahasa Inggris memberi pola teks naratif dalam negeri.


    Cerita rakyat apa saja yang kau ketahui dari Indonesia? Apakah kau tahu sejarah terjadinya suatu tempat di wilayahmu? Itu namanya Legenda alias Legend dalam bahasa Inggris. Cerita yang dipercaya oleh masyarakat setempat serta berafiliasi dengan sejarah.


    Berikut ada 5 pola narrative text legend terkenal dari Indonesia:



    1. Terjadinya Danau Toba di Sumatera Utara

    2. Candi Prambanan Legend from Yogyakarta

    3. Legenda Batu Menangis di Kalimantan

    4. Tangkuban Parahu Legend from West of Java

    5. Terjadinya Selat Bali di antara Jawa dan Bali


    Legenda apa yang terkenal dari wilayahmu? Yuk, simak pola narrative text bahasa Inggris legenda terkenal di Indonesia satu per satu berikut. Let’s go!


     


    1. Contoh Narrative Text Legend / Legenda Danau Toba di Sumatera Utara


     Contoh narrative text mana sudah pernah kau baca atau dengar ceritanya √ Contoh Narrative Text Legend Populer di Indonesia


    Tentu banyak yang tahu Danau Toba Legend. Ceritanya seorang petani miskin berjulukan Toba suatu hari mancing dan mendapat ikan emas begitu bagus nan indah.


    Setelah dibawa pulang, ikan itu bermetamorfosis menjadi seorang wanita cantik. Ternyata si wanita ini sebelumnya kena kutukan. Ia meminta Toba untuk merahasiakan hal tersebut. Toba pun memanfaatkan kesempatan itu. Dapet cewek cantik, siapa yang bisa nolak…hahahaha.


    Ia berjanji tak akan mengungkap rahasia itu asal wanita ini mau menikah dengannya. Apakah kesudahannya mereka hidup senang menyerupai kisah-kisah dongeng percintaan sekelas Cinderela?


    Yang udah tahu ceritanya tentu bisa mengaitkan dengan terjadinya Danau Toba. Bagi yang ingin tau kelanjutannya, simak pola narrative text legenda Danau Toba dari Indonesia berikut ya!


    In one village of North Sumatera, there lived a poor farmer named Toba. One day, he went fishing. Luckily, he got a beautiful goldfish. He carried it home then planned to cook it. When he got home, the fish turned into a beautiful woman.


    The woman told him that she was cursed. She asked Toba to keep it as a secret. Toba agreed it only with one condition that she would marry him. Then they got married and soon had one child named Samosir. This boy liked to eat much food.


    One day, mother asked Samosir to bring lunch to father. On the way to rice field, he stopped and ate most of food. After that, he gave the rest of food to his father. Toba was very angry and shouted at Samosir “You, a fish kid, you are so greedy!” Samosir cried and ran toward his mother. He asked mother why father called him a fish kid.


    The woman was really upset that Toba broke his promise. Mother and son disappeared. Soon there were springs that caused a vast lake. It’s called Toba Lake. A land in the middle of Toba Lake is called Samosir Island.


    Narrative text ialah pola dongeng memakai kalimat Simple Past Tense, yaitu kata kerja Verb 2, Did, Was & Were. Yuk temukan cara gampang mempelajarinya dalam artikel berikut:




     


    2. Contoh Narrative Text Legend Candi Prambanan di Yogyakarta


     Contoh narrative text mana sudah pernah kau baca atau dengar ceritanya √ Contoh Narrative Text Legend Populer di Indonesia


    Nah, legenda atau dongeng rakyat berikut tiba dari kawasan Jawa, tepatnya Yogyakarta. Jika kau udah nggak sabar pengen baca pola narrative text bahasa Inggris legenda Candi Prambanan, silahkan loncat ke Prambanan Legend. Jika ingin tahu dongeng sekilas dalam bahasa Indonesia, silahkan lanjut membaca.


    Jadi, ada seorang pangeran sangat sakti dari kerajaan Pengging, namanya Bandung Bondowoso. Ia diminta oleh ayahnya, Prabu Pengging, untuk mengalahkan Raja Baka yang kuat. Dengan kesaktiannya, Bondowoso berhasil membunuh Prabu Baka.


    Ternyata Prabu Baka ini mempunyai puteri bagus jelita berjulukan Rara Jonggrang. Bondowoso terpikat kepada sang puteri. Ia ingin menikahi puteri tersebut. Ya, tentu saja sang puteri menolak. Terlebih lagi Bondowoso telah membunuh ayahandanya.


    Agar tidak terjadi perang lagi, Rara Jonggrang mengajukan syarat untuk membangun 1000 candi dalam semalam. Waduh, susah banget ya dapetin cewek bagus pada jaman itu.


    Nah, apakah Bandung Bondowoso bisa memenuhi undangan sang puteri? Lalu apa hubungannya dengan Candi Prambanan? Selengkapnya ada dalam pola narrative text legend dalam bahasa Inggris perihal legenda Candi Prambanan berikut.


    Once upon a time, there was a powerful prince named Bandung Bondowoso. In a war, Bandung Bondowoso killed Prabu Baka. Then, Bandung Bondowoso fell in love with Prabu Baka’s daughter named Roro Jonggrang.


    Bondowoso wanted to marry this beautiful princess. However, princess hated him because he had killed her father. Roro Jonggrang was thinking of a way to refuse Bodowoso’s marriage proposal. Finally, she decided to marry Bandung Bondowoso if he could build a thousand temples before dawn.


    Being helped by genies, Bondowoso built many temples very fast. Roro Jonggrang wanted to fail him. She asked all women in her village to hit rice so rooster crowed signing that morning was coming. All genies left their project until 999 temples. They thought morning came afterward.


    Finally, Bondowoso knew that Roro Jonggrang tricked him. He got very angry so he cursed Roro Jonggrang into a rock statue “Arca”. Roro Jonggrang statue is inside Candi Prambanan to complete the project of a thousand temples.


    Ingin membaca & menulis pola descriptive text dan narrative text? Nih ada beberapa pola teks dalam Bahasa Inggris. Check them out!




     


    3. Contoh Narrative Text Legend Cerita Batu Menangis di Kalimantan


     Contoh narrative text mana sudah pernah kau baca atau dengar ceritanya √ Contoh Narrative Text Legend Populer di Indonesia
    Legenda Batu Menangis (sumber gambar: educastudio.com)

    Nah, sesudah tahu legenda Danau Toba serta Candi Prambanan dalam bahasa Inggris, kita selanjutnya terbang ke Pulau Kalimantan. Kita akan menyimak satu kisah atau dongeng rakyat Batu Menangis.


    Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Batu Menangis ialah seorang gadis bagus jelita yang dieksekusi atas doa ibunya. Widiiih, serem ya doa seorang ibu. Jika sudah ada akibat, tentu saja ada alasannya di balik semua itu. Sedurhaka apa sih si gadis sampe dikutuk begitu?


    Jadi ceritanya begini kawan, si gadis bagus jelita itu ialah pesolek juga pemalas. Ibu yang mengutuknya ini ialah seorang janda miskin. Mereka hidup di bukit terpencil di Pulau Kalimantan.


    Suatu hari, mereka pergi ke pasar di desa yang letaknya sangat jauh dari rumah. Nah, apa boleh buat, berjalan kakilah mereka ke sana. Ya namanya juga pesolek, penampilan si gadis cetar membahana sangat kontras dengan ibunya yang berpakaian dekil.


    Masuk ke wilayah pedesaan, banyak perjaka mengagumi kecantikan si gadis serta banyak juga ingin tahu siapa wanita dekil yang berjalan di belakangnya. Di sepanjang perjanalan ada saja orang bertanya kepada si gadis siapa wanita di belakangnya.


    Nah, jawaban si gadis inilah yang menciptakan sang ibu mengutuknya. Apa ya kira-kira jawaban si gadis??? Praktis ditebak ya??? Yuk simak Legenda Batu Menangis sebagai pola narrative text legend dalam bahasa Inggris.


    On a hill in area of Borneo, there lived a poor widow and her daughter. The girl was really beautiful. However, she was very lazy and spoiled. She loved to dress up every day, but never helped her mother.


    One day, they went down to a village for shopping. A market was far away from their house. They walked there. The girl got dressed very nice and walked in front of her mother. While the widow walked behind, carried a basket, wore dirty clothes. Nobody knew they were mother and daughter.


    While entering village, people looked at them. Young men were so fascinated by girl’s beauty. However, she was in contrast to a woman walking behind her. It made people wonder. Some young men asked her whether woman was her mother. But girl arrogantly replied that she was her maid. More people asked her along the way to market. She gave a same answer that widow was her slave.


    Eventually, mother’s heart hurt to hear her daughter’s answer. Mother prayed to God to punish her ungodly daughter. Suddenly, girl stopped then slowly turned to be a stone. Daughter cried; she apologized to his mother. But it was too late. A pretty girl was turned into a stone but continued to tear; it’s called A Crying Stone.


    Ingin membaca & menulis pola descriptive text dan narrative text? Nih ada beberapa pola teks dalam Bahasa Inggris. Check them out!



     


    4. Contoh Narrative Text Legend perihal Tangkuban Parahu di Jawa Barat


     Contoh narrative text mana sudah pernah kau baca atau dengar ceritanya √ Contoh Narrative Text Legend Populer di Indonesia


    Yuk menelusuri pola narrative text legend atau legenda dari Jawa Barat tepatnya Bandung. Pernah dengar dongeng rakyat Sangkuriang?


    Tangkuban Parahu Legend ialah dongeng terkenal di Indonesia perihal terjadinya Gunung Tangkuban Perahu. Konon katanya ada seorang puteri bagus menikah dengan anjing jawaban dari sumpahnya. Koq bisa?


    Suatu hari, si puteri bagus berjulukan Dayang Sumbi ini kehilangan alat dikala sedang menenun. Ia lelah mencari. Lalu ia bersumpah bagi yang menemukan akan dinikahi kalo cowok. Kalo cewek menemukan alat penenun tersebut maka akan dijadikan kakak.


    Daaan… ternyata yang menemukan alat penenun sang puteri ialah seekor anjing. Waduh, jadi deh si puteri nikah sama anjing berjulukan Tumang. Ceritanya mereka hidup senang serta dikaruniai anak pria diberi nama Sangkuriang. Sang anak tak mengetahui perihal ayah kandungnya.


    Setelah remaja untuk berburu, Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk berburu rusa ditemani seekor anjing, yang tak lain ialah ayahnya sendiri. Ternyata Sangkuriang tak berhasil mendapat seekor binatang pun. Ia tak ingin mengecewakan ibunya.


    Lantas, apa yang ia lakukan??? Sangkuriang memanah Tumang, anjing setianya. Awalnya, Dayang Sumbi menerka itu ialah daging rusa. Setelah tahu itu ialah daging suaminya sendiri, Dayang Sumbi murka besar.


    Nah bagi kalian yang udah tahu kelanjutan ceritanya, mungkin udah punya bayangan di kepala masing-masing. Selengkapnya bisa dilihat dalam pola narrative text legend perihal Sangkuriang di bawah.


    On a land of Parahyangan, there lived a beautiful princess named Dayang Sumbi. Because of her oath, she had to marry a dog named Tumang. Dayang Sumbi with her dog lived happily and blessed with a boy, Sangkuriang. The boy didn’t know that their dog was his father.


    One day, Dayang Sumbi asked Sangkuriang with his dog to hunt a deer. Sangkuriang got nothing. He did not want to disappoint his mother. He decided to kill his dog. Dayang Sumbi thought it was venison. After knowing the truth, Sangkuriang was hit and expelled by his mother.


    Sangkuriang grew overseas into a powerful handsome man. Then, he met Dayang Sumbi then fell in love with her. One day before wedding, Dayang Sumbi realized that Sangkuriang was her son. Dayang Sumbi wanted to thwart their marriage. She gave a condition to make a dam that covered the entire hill and to make a boat during one night.


    Sangkuriang agreed then worked with help of many genies. The dam and boat were almost finished. Dayang Sumbi prayed to God. The roosters crowed so all genies left that job. Sangkuriang realized that he had been tricked. He was angry; he kicked that boat into the middle of a forest. Then, that boat shaped like a mountain. That is the legend of Tangkuban Parahu.


    Belajar Bahasa Inggris dari membaca dongeng seru itu mengasyikkan banget lho. Yuk perluas pengetahuanmu dengan membaca lebih banyak pola paragraf atau cerita. Check them out.




     


    5. Contoh Narrative Text Legend perihal Selat Bali


     Contoh narrative text mana sudah pernah kau baca atau dengar ceritanya √ Contoh Narrative Text Legend Populer di Indonesia


    Terakhir, kita berkunjung ke Bali dan membaca pola narrative text legend. Tahu Selat Bali? Itu lho bahari yang memisahkan Pulau Bali dan Pulau Jawa. Nah, terjadinya Selat Bali juga ada dongeng rakyat atau legend dipercayai oleh masyarakat setempat.


    Pada jaman dulu di kerajaan Daha hiduplah seorang Brahmana benama Sidi Mantra. Ia terkenal sakti. Ia mempunyai seorang putra berjulukan Manik Angkeran. Pemuda ini gagah berani tapi sayang ia suka berjodi. Ia sering kalah dalam perjodian.


    Suatu hari, ia kalah serta tak bisa bayar hutang. Ia minta derma sang ayah. Karena cintanya begitu besar, Sidi Mantra berpuasa juga berdoa. Sebuah bunyi menuntunnya kepada Naga Besukih yang tinggal di Gunung Agung.


    Dengan mantera dan genta, ia memohon kepada Naga Besukih. Sang naga baik hati ini memberinya emas beserta intan yang keluar dari sisiknya.


    Ah, namanya juga penjodi, emas beserta intan ini dalam sekejap dihabiskan oleh Manik Angkeran. Ia memohon lagi kepada ayahnya. Manik Angkeran pandai sehingga membuntuti ayahnya diam-diam. Akhirnya ia mengetahui rahasia datangnya emas intan itu, yaitu dari Naga Besukih di Gunung Agung.


    Nah, apa ya kira-kira dilakukan Manik Angkeran selanjutnya? Gimana dongeng rakyat Manik Angkeran bisa berkaitan dengan terjadinya Selat Bali? Yuk kita simak dalam pola narrative text legend atau legenda dari Pulau Bali.


    In Daha kingdom there lived a powerful Brahmin named Sidi Mantra. Her son’s name was Manik Angkeran. Manik Angkeran liked to gamble. One day, Manik Angkeran could not pay the debt. He asked help to father.


    Loving his son, Sidi Mantra fasted then prayed to the God. A mysterious voice asked him to meet Naga Besukih at Agung Mount. By ringing a genta, Naga Besukih came and gave gold as well as diamonds from his scales. Soon, Manik Angkeran finished all gold and diamonds. He asked help to his father again. Sidi Mantra came to Naga Besukih. This time, Manik Angkeran secretly followed Sidi Mantra.


    A few days later, Manik Angkeran stole father’s genta then came to Naga Besukih. Manik Angkeran got gold and diamonds. But he was not satisfied. Manik Angkeran saw a big gem at the end of dragon’s tail. When Naga Besukih turned toward a cave, Manik Angkeran immediately cut off dragon’s tail then ran away.


    Naga Besukih was furious then licked Manik Angkeran’s footprints. Then he turned into ashes. Sidi Matra was aware of this situation; he begged Naga Besukih to revive his son. Naga Besukih agreed if his tail was back. With magic, Sidi Mantra returned dragon’s tail back to normal. Then, Naga Besukih revived Manik Angkeran.


    Sidi Mantra knew that he could not live with Manik Angkeran anymore. With a magical wand, Sidi Mantra made a line that separated him from son. There came springs growing into a sea. This is the legend of Bali Strait separating Java from Bali.


    Kamu punya pengalaman seru? Ceritakan acara sehari-hari (Daily Activity) atau dongeng acara hari libur tamat pekan. Jangan lupa baca dulu:




    ***


    Selalu ada pelajaran berharga dari sebuah dongeng rakyat atau legenda. Contoh narrative text legend atau dongeng rakyat di atas sarat akan nilai moral. Jangan hanya melihat dari satu sisi saja ya. Misalnya, anak dikutuk jadi kerikil lantaran durhaka. Mungkin kita bisa pikir ulang mengapa sang anak bisa jadi durhaka. Bukankah sifat serta perilaku anak ialah hasil didikan orang bau tanah juga lingkungan sekitar??? Yap, selalu ada celah bagi kita jadi lebih kritis. Nggak melulu egois dengan pola pikir nggak statis. Selamat berguru bahasa Inggris.



    Sumber https://englishcoo.com